Jumat, 07 Desember 2012

Objek Wisata Papua


Pulau Papua atau Pulau Irian merupakan Pulau terbesar kedua di dunia setelahGreenland di kutub utara. Pulau ini terbagi menjadi 2 yaitu sebelah barat dikuasai oleh Indonesia dan sebelah timur dikuasai oleh Papua Nugini. Objek wisata di pulau yang berbentuk burung rajawali ini berkelas internasional. 

Di Pulau ini sebenarnya banyak potensi wisata yang belum dieksplore, dikarenakan lokasinya jauh dari pusat perekonomian negara Indonesia. Disamping keindahan alamnya baik berupa gunung, hutan ataupun danau, budaya di pulau Papua ini juga perlu dilestarikan karena wisatawan khususnya yang dari luar negeri sangat suka akan budaya yang cenderung primitif ini.

Bagi yang suka akan wisata petualang, pulau Papua sangat cocok karena lokasinya sebagian besar masih alami dan terpencil sehingga untuk menuju ke lokasi harus melalui jalur laut/air maupun udara. Berikut daftar tempat atau objek wisata yang bisa sobat kunjungi di Papua :


1. Raja Ampat
Raja Ampat adalah kepulauan yang terletak di Irian Jaya bagian Barat, tepatnya 50 mile sebelah barat laut Sorong, kepala burung. Bagi anda yang mempunyai hobby diving tak lengkap rasanya apabila belum melihat langsung pemandangan bawah laut raja ampat yang mengagumkan. Raja ampat memiliki pesona bawah laut nya terkenal sampai ke manca negara. Raja Ampat selain merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving atau menyelam juga terkenal karena memiliki flora dan fauna terlengkap di dunia dengan tak kurang dari 537 jenis karang yang berbeda beda.
Raja Ampat merupakan nama dari pulau pulau disana yang diambil dari mitos yang berkembang di daerah setempat. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah pulau Waigeo, Salawati, Batanta dan Misool.Wilayah keseluruhan pulau di raja ampat jika di gabung sangatlah luas, tak kurang dari 5 juta hektar tanah dan laut. Dengan kekayaan biota lautnya raja ampat telah dinobatkan sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.
Menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, terdapat sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini.Saking indahnya banyak yang mengatakan kalau pemandangan Raja Ampat itu seperti dalam mimpi, benar benar keindahan yang alami dan luar biasa.
Kepulauan Raja Ampat
Nama Raja Ampat sebagai tempat wisata sudah sangat dikenal sampai mancanegara. Kepulauan Raja Ampat memiliki spot-spot menyelam yang sangat indah. Keindahan bawah laut Raja Ampat memang tiada duanya. Dengan berbagai spesies ikan dan terumbu karangnya membuat Raja Ampat menjadi salah satu spot terbaik untuk diving.




2. Danau Sentani
Danau ini terletak di Kabupaten Jayapura propinsi Papua dan berada di lereng pegunungan cagar alam Cycloops. Di danau ini diadakan Festival Danau Sentani tiap tahunnya dengan mempertunjukkan keseniannya penduduk setempat.

Lokasi danau ini sangat mudah dijangkau karena cuma berjarak 50 km dari kota Jayapura. Dan bila sobat memiliki rencana untuk kesana, saran saya agar berkunjung pada bulan Juni karena pada bulan itu diadakan Festival Danau Sentani ( FDS ). Festival ini berisi acara seperti tarian perang khas Papua, tarian adat yang dilakukan diatas perahu, serta sajian kuliner khas Papua yang akan membuat sobat lebih cinta lagi akan ke-eksotis- an Papua.

3. Pegunungan Jayawijaya

Puncak Jaya
Pegunungan ini terletak di propinsi Papua dan memiliki puncak dengan ketinggian 4.800 meter dpl yang diselimuti oleh salju abadi, dan merupakan salju satu-satunya yang ada di Indonesia. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Indonesia.

Pegunungan Jayawijaya memiliki ketinggian 4.800 meter dpl. Meskipun terletak di ketinggian yang super dan berselimut salju di puncaknya, pegunungan ini ternyata terbentuk karena adanya pengangkatan dasar laut yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil kerang laut yang dapat dilihat di batuan gamping di pegunungan tersebut. Sehingga tak heran bila pegunungan ini menjadi surga bagi ahli Geologi selain surga bagi para pendaki gunung. Bisa kita bayangkan, bila gunung setinggi ini dulunya adalah laut, bagaimana dengan pulau lainnya di Indonesia, pasti semua masih berupa lautan pada ribuan tahun silam.

Menurut teori geologi, awalnya dunia kita ini hanya memiliki sebuah benua saja yang bernama Pangea pada 250 juta tahun lalu. Akhirnya benua Pangea pecah menjadi dua dengan membentuk benua Laurasia dan Eurasia. Benua Eurasia sendiri pecah kembali menjadi benua Gonwana yang kemudian hari akan menjadi daratan Amerika Selatan, Afrika, India dan Australia.

Pengendapan yang sangat intensif terjadi di benua Australia, ditambah terjadinya tumbukan lempeng bumi antara lempeng Indo Pasifik dengan lempeng Indo Australia di dasar laut sehingga menghasilkan busur pulau yang juga merupakan cikal bakal dari pulau dan pegunungan di Papua.

4. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional membentang dari puncak pegunungan Jayawijaya yang berselimut salju sampai ke perairan pesisir pantai di laut Arafura. Taman nasional ini memiliki luas 2.505.600 hektar dan merupakan salah satu situs warisan dunia di Indonesia.
Pada tahun 1999, Taman Nasional ini ditetapkan menjadi situs warisan dunia di Indonesia selain Taman Nasional Pulau Komodo dan Taman Nasional Ujung Kulon. Letak Taman Nasional ini membentang dari puncak gunung Jayawijaya dengan ketinggian 5.030 mdpl yang diselimuti oleh salju abadi hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakaunya di laut Arafura. Oleh karena itu tidak salah bila taman nasional ini merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.

Sebagian besar kawasan ini merupakan hutan yang belum terjamah oleh manusia alias masih alami. Sebanyak 34 tipe vegetasi berada di kawasan ini diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan, hutan pegunungan dan lainnya. Tanaman bakau dan juga nipah menghiasi sebagian besar sisi selatan kawasan ini.

5. Danau Paniai

Danau Paniai merupakan danau yang sangat indah, dengan pemandangan alam yang masih alami sehingga tidak mengeherankan bila keindahan danau ini diakui oleh utusan dari 157 negara yang ikut dalam konferensi danau se-dunia yang diadakan pada tahun 2007 lalu di India. Danau ini terletak di Kabupaten Paniai, Propinsi Papua.

Danau ini memiliki luas 14.500 hektar yang berada pada ketinggian 1.700 meter dpl sehingga membuat kawasan danau Paniai ini memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alam yang begitu indah, perpaduan antara keindahan danau dengan dataran tinggi dan bukit - bukit yang mengelilinginya. Di sekitar danau ini juga merupakan tempat bermukim suku asli Papua yaitu suku Mee dan suku Moni. Satu lagi perpaduan yang sangat menarik antara keindahan alam dan ke-eksotis-an budaya Papua.

6. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon terletak di     bagian utara Kabupaten  Teluk     Wondama, berbatasan dengan     Kabupaten Manokwari.  Pulau ini     memiliki pantai yang indah, yaitu    Pantai Pasir Panjang, dari pasir     kuarsa putih, tidak berkarang, dan     panjangnya mencapai 6.000 meter. 

Air laut di sekitar pulau ini jernih     dan terdapat rataan terumbu (reef     flat) di sepanjang tepi pantai     dengan profil dasar laut yang landai     hingga sepanjang 100 meter ke     tebing.   Karang berkelas dunia     tumbuh disini. Hamparan terumbu     karang hampir tersebar merata     mengelilingi pulau ini.

Di kawasan perairan ini dapat  dilakukan berbagai kegiatan,     seperti: snorkeling, scuba diving,     selancar angin, ski air, dan     memancing.
Kegiatan lain yang dapat dilakukan    adalah pengamatan burung (misal:    elang laut) dan satwa khas lainnya,    seperti: kuskus. 

Di pulau ini juga terdapat padangan    alam cukup luas dimana terdapat   satwa buru rusa.  Pada habitat    mangrove dan padang lamun dapat    ditemukan duyung dan penyu laut.

Untuk mencapai Pulau Rumberpon dapat langsung dari     Manokwari melalui laut dengan menggunakan longboat    selama 5,5 jam atau melalui jalan darat dari Manokwari ke     Ransiki (memakan waktu sekitar 3 jam) yang kemudian     dilanjutkan melalui laut dari Ransiki ke Pulau Rumberpon     dengan menggunakan longboat selama sekitar 2 jam.

2 komentar:

  1. banyak sekali keindahan yang ada di Papua yang merupakan satu kesauan sehingga membuat keindahan akan alam Indonesia. Semoga akan terus terjaga dan terus terpelihara keindahannya.

    BalasHapus
  2. Mohon infonya, barangkali ada hotel / resort yg sedang membutuhkan tenaga cook / koki / tukang masak,
    silahkan kontak saya ; 085664600785

    BalasHapus